Loading...

Cara Unik Makan Buah Tin Dan Tips Penyimpanannya

Sponsored Links
Loading...
Buah Tin/ Ara tidak hanya enak untuk dikonsumsi, akan tetapi juga menyehatkan karena memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin, karbohidrat, dsb. Buah tersebut juga kaya akan kandungan mineral, seperti: potasium, kalsium, magnesium dan zat besi. Bahkan, beberapa ahli kesehatan menyatakan jika anda mengkonsumsi setengah saja bagian dari buah Tin, anda akan mendapatkan asupan kalsium yang sama banyaknya seperti ketika anda meminum segelas susu.

Tata Cara Makan Buah Tin Dan Tips Penyimpanannya

Buah Tin Segar

Buah Tin segar sangat baik walaupun dikonsumsi langsung tanpa disertai dengan makanan jenis lain. Sebagian besar orang berpendapat bahwa buah ini memiliki kombinasi rasa yang hampir mirip dengan campuran buah persik dan stroberi. Buah Tin bertekstur lembut dan cenderung rapuh sehingga seringkali hancur jika pengepakan tidak dilakukan dengan baik sewaktu dikirim atau dalam perjalanan, hal ini juga yang menyebabkan buah ini sedikit sulit untuk ditemukan di pasaran.
Ketika sudah masak, biasanya akan muncul seperti butiran kristal yang muncul di permukaan buah. Kristal ini adalah gula alami yang memang muncul secara alami dan terasa manis dan bukanlah sebuah tanda buah tersebut sedang mengalami pembusukan.
Warna buah Tin bervariasi dari warna hijau, kuning ungu, coklat, keabu-abuan, bergantung pada varietasnya. Begitu pula dengan ukurannya juga bervariasi tergantung pada varietas. Ketika telah masak buah ini dapat disimpan dalam lemari es selama 2 atau 3 hari, tetapi sebaiknya dikonsumsi sesegera mungkin setelah anda membelinya, mengingat buah ini mudah untuk berfermentasi. Jika anda ingin menyimpannya lebih lama, pilihan terbaik adalah menyimpannya di bagian freezer kulkas anda.

 



Tin Kering

            Mengingat terkadang sulit untuk menemukan buah Tin masak yang segar, jenis yang kering juga dapat menjadi pilihan yang baik. Sebelum dikonsumsi, buah Tin kering juga dapat direndam untuk sedikit “melembutkan” tekstur mereka, maupun dimasak sendiri atau dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan kering jenis lainnya. Buah Tin juga dapat direbus, dan biasanya cukup manis walaupun tidak ditambahkan dengan gula.
Secara alami buah Ara kering akan cenderung berwarna lebih gelap dibandingkan dengan kondisi buah yang masih segar, dalam sisi rasa juga cenderung masih terkonsentrasi. Buah yang kering sedikit lebih kenyal, dan tentu saja buah kering juga masih memiliki banyak gizi walaupun jenis yang kering tidak memiliki begitu banyak air.
Buah tin kering dapat disimpan dalam paket tertutup pada suhu tertentu selama satu bulan. Untuk penyimpanan yang lebih tahan lama, buah ini disarankan untuk disimpan di dalam lemari es, salama enam bulan hingga satu tahun. Alternatif lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan membungkusnya dalam kantong plastik tertutup atau semacam wadah kedap udara untuk kemudian disimpan di lemari es atau dibekukan. Maksimal buah tersebut mampu bertahan hingga 1 tahun setelah pembelian dilakukan.

Yang juga perlu diperhatikan adalah kerusakan buah juga sangat mempengaruhi ketahanan buah untuk disimpan, semakin baik kualitas buah (tidak ada cacat/ luka) semakin tahan lama buah tersebut dapat disimpan dalam tempat penyimpanan buah yang anda miliki.
Sponsored Links
Loading...
loading...