Loading...

Tips Mudah Pemangkasan Pohon Tin Berdasarkan Umur Tanaman

Sponsored Links
Loading...
Tin atau Ara adalah jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh di kebun rumah. Pada tahap pemeliharaan, selanjutnya anda akan menemukan waktu dimana anda harus melakukan kegiatan pemangkasan. Tahap pemangkasan tanaman Tin diperlukan ketika anda menemukan tanaman anda memiliki daun yang kering atau hanya sekedar ingin merapikan bentuk tanaman.

Manfaat dalam melakukan pemangkasan yang paling utama adalah membantu agar pertumbuhan tanaman menjadi maksimal. Sebagaimana kita ketahui, daun yang kering akan dapat menyebabkan proses tumbuh kembang tanaman akan menjadi maksimal terutama pada proses fotosintesis. Karena itu teknik dan proses pemangkasan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam budidaya.

 Pemangkasan Setelah Transplatasi/ Pembibitan

Pertama kali yang harus anda lakukan dalam proses pemangkasan Ara adalah semak-semak di sekitar pohon Ara muda. Ketika bibit pohon tersebut pertama kali ditanam, anda disarankan untuk melakukan pemangkasan, terutama pada ranting maupun daun yang mengering. Selain menguntungkan proses pertumbuhan tanaman pemangkasan ini akan membantu menjaga buah sehat.

 

Teknik dan Tips Cara Pemangkasan Tanaman Tin



Pemangkasan Setelah Tanaman Beranjak Dewasa


Setelah tanaman mencapai ketinggian 90 s/d 1 m. Aktivitas pemangkasan dapat dilakukan ketika musim hujan tiba. Mengingat tanaman Tin merupakan tanaman yang dapat tumbuh maksimal ketika mendapat sinar matahari (pada musim kemarau), di musim hujan tanaman ini seringkali tidak dapat tumbuh secara maksimal. Pada saat itulah pemangkasan dapat anda lakukan.

Pemangkasan pada musim hujan dapat anda lakukan dengan cara memilih dahan atau cabang tanaman yang terlihat tidak dapat tumbuh secara maksimal. Anda juga dapat memotong setiap cabang yang tidak tumbuh dari tanaman, serta setiap batang kayu yang mati. Jika ada benalu yang tumbuh di sekitar pohon, ini harus dibersihkan juga.

Langkah berikutnya dalam bagaimana untuk memangkas pohon Tin adalah untuk memotong setiap cabang sekunder (cabang yang tumbuh diluar dari cabang utama) yang tumbuh kurang dari sudut 45 derajat dari cabang utama. Langkah ini dilakukan agar tidak ada cabang sekunder yang tumbuh menyimpang dengan batang utama dan untuk menghindari dari pembuahan yang kurang maksimal.

Terakhir dalam tips pemangkasan pohon Ara adalah untuk memotong kembali cabang utama sebesar sepertiga sampai seperempat. Langkah pemangkasan pohon ini bertujuan untuk membantu pohon menempatkan lebih banyak energi ke arah buah yang akan diproduksi, harapannya akan membuat buah lebih besar dan lebih manis.

Dengan teknik pemangkasan yang benar secara umum akan dapat membantu anda untuk meningkatkan produktivitas buah dan menjaga pertumbuhan tanaman tetap pada jalurnya. Semoga bermanfaat..
Sponsored Links
Loading...
loading...