Loading...

8 Jenis Makanan Penyubur Kandungan Terbaik Agar Cepat Hamil

Sponsored Links
Loading...
Makanan Penyubur Kandungan – Setiap orang itu berbeda-beda, ada wanita yang beberapa bulan menikah sudah diberi kehamilan, namun disisi lain ada pula keluarga yang sudah lama menikah dan merencanakan kehamilan selama bertahun-tahun tapi tak kunjung berbadan dua.

Jika kamu adalah salah satu wanita yang sulit hamil, coba deh ganti asupanmu dengan mengonsumsi makanan penyubur kandungan. Makanan ini memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan kandunganmu. Sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin kamu akan cepat memiliki momongan.



Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil yang Menyehatkan

1. Daging

Kamu bisa mulai dengan mengonsumsi daging sapi dan daging ayam yang rendah lemak. Selain kaya akan protein hewani, daging tersebut juga mengandung zat besi tinggi yang dapat melancarkan menstruasi.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari tiga porsi dalam sehari. Mengonsumsi daging secara berlebihan justru dapat menurunkan tingkat kesuburan.

2. Tumbuh-tumbuhan berprotein

Bila kamu seorang vegetarian dan pengen mencari alternatif sumber protein lain, maka kamu bisa mengonsumsi kedelai (tempe atau tahu), kacang polong, dan kacang tanah yang kaya protein hewani.

Selain murah meriah, makanan ini juga rendah lemak dan kalori dari pada daging sehingga berat badanmu tetap terjaga dengan baik. Menurut para ahli, konsumsi makanan berprotein nabati dan hewani dapat meningkatkan kesuburan.

3. Ikan

Banyak yang khawatir kandungan merkuri tinggi pada ikan dapat menyebabkan mandul. Padahal dibalik itu semua, ikan justru mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan kinerja reproduksi.

Untuk amannya, kamu disarankan tidak mengonsumsi ikan melebihi 12 ons dalam seminggu. Beberapa jenis ikan yang kaya asam lemak omega 3 antara lain seperti ikan salmon, sarden, dan ikan lele.

Bagaimana kalau nggak suka ikan? Tenang, kamu masih bisa mendapatkan asupan lemak omega 3 dari makanan lain seperti telur, kenari, dan almond. Selain mangandung asam lemak, makanan ini juga diperkaya DHA yang baik untuk janin nantinya.

4. Produk susu

Susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan nutrisi, termasuk beberapa diantaranya kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang. Menurut WHO (badan kesehatan dunia), mengonsumsi susu minimal satu gelas sehari dapat meningkatkan kesuburan kandungan.

Ini sudah dibuktikan melalui penelitian 10 orang wanita, dimana 8 diantaranya lebih cepat hamil setelah rutin mengonsumsi susu. Nah jika kamu ingin cepat punya momongan, silahkan konsumsi susu dan produk olahannya secara rutin. Pilihlah yang rendah lemak agar berat badanmu juga tetap terjaga.

5. Makanan yang mengandung zinc

Zat ini sangat penting sekali bila kamu ingin cepat hamil. Zinc berguna untuk melancarkan siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas.

Sumber zinc terbaik yang bisa kamu dapatkan ada pada tiram. Namun jika kamu sulit menemukan atau tidak menyukainya, kamu bisa mengonsumsi telur, produk susu, biji-bijian, dan daging sapi meski zinc dalam jumlah yang sedikit.

6. Ubi

Jangan salah, makanan sederhana satu ini justru kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan. Walau belum pasti, menurut beberapa penelitian ubi memiliki zat yang bisa merangsang ovulasi.

7. Karbohidrat kompleks

Mungkin selama ini kamu mendapatkan asupan karbohidrat dari padi-padian yang telah disuling, atau karbohidrat olahan seperti nasi dan roti tawar putih. Padahal menurut penelitian, zat karbohidrat yang ada pada makanan tersebut dapat menganggu hormon reproduksi dan mengacaukan menstruasi. Ini sangat tidak baik untuk kesuburan kandunganmu.

Solusinya coba mulai sekarang kamu ganti dengan konsumsi biji-bijian untuh yang kaya akan kandungan karbohidrat kompleks, misalnya seperti nasi merah, roti tawar gandum, atau sereal biji-bijian utuh. Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh (karbohidrat kompleks) mempunyai nutrisi penting untuk kesuburan seperti vitamin B, antioksidan, dan zat besi.

8. Vitamin penyubur kandungan yang tepat

Mengonsumsi makanan penyubur kandungan saja tidak cukup. Sebagai asupan tambahan, kamu perlu mengonsumsi multivitamin atau vitamin khusus untuk menutupi kekurangan nutrisi yang mungkin tidak ada pada makanan penyubur kandungan diatas. Konsultasikan hal ini kepada dokter kandungan agar kamu mendapatkan vitamin penyubur yang tepat.

Dengan mengonsumsi makanan penyubur kandungan diatas selama 3 hingga 12 bulan, kemungkinan besar kesuburan kandunganmu akan semakin meningkat.

Selama proses ini, sebaiknya kamu hindari makanan seperti ikan tinggi merkuri (ikan kembung dan tuna), kafein, alkohol, makanan berlemak jenuh, makanan mentah, dan produk susu sapi yang belum dipasteurisasi.

Itulah beberapa makanan penyubur kandungan yang bisa kamu konsumsi jika pengen cepet punya momongan. Selain makanan, pola hidup sehat juga berpengaruh terhadap kesuburan, oleh sebab itu kamu juga wajib memperhatikannya. Semoga bermanfaat dan cepat punya momongan.

***
Sponsored Links
Loading...
loading...