Loading...

Cara Panen, Waktu Panen Dan Penyimpanan Buah Tin

Sponsored Links
Loading...
Tinggi pohon Tin/ Ara pada jenis tertentu dapat mencapai ketinggian 15 s/d 17 m, namun umumnya pohon ini rata-rata memiliki ketinggian berkisar 3-5 m sehingga membuat anda cukup mudah memanennya. Memanen pada waktu dan cara yang tepat akan memperbesar peluang anda untuk mendapatkan hasil panen yang lebih maksimal.

Kapan waktu yang tepat untuk panen?

            Tin bukan salah satu jenis buah yang matang melalui proses penyimpanan, oleh karena itu proses panen sangat disarankan untuk dilakukan ketika buah telah mencapai kematangan. Beberapa ciri buah Tin telah cukup matang untuk dipanen adalah ketika buah berada pada posisi yang menggantung (tidak tegak lurus) dan leher tangkai yang menuju ke buah telah layu.

Apa saja ciri buah telah siap dipanen, cara dan teknik untuk memanen beserta tips penyimpanannya
Buah yang masih "tegak" masih belum matang/ siap dipanen


            Dari sisi warna, setiap varian/ jenis buah Tin memiliki warna yang berbeda dan masing-masing ciri kematangan dapat bervariasi dari warna hijau ke coklat gelap. Dari sisi waktu, waktu yang terbaik untuk memanen buah adalah pada saat pagi hari atau pada saat kondisi hari berawan.

Cara panen buah Tin

            Buah Tin sangat mudah dipanen ketika telah matang, jika masih terlalu keras untuk dilepaskan dari leher tanaman artinya buah tersebut belum terlalu matang. Anda dapat memanennya dengan menggunakan banyak cara, namun yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya hindari benturan atau gengaman tangan yang terlalu kuat terhadap buah, mengingat buah ini merupakan jenis buah yang rapuh yang ketika mendapatkan “luka” akan cepat menjadi busuk.
            Hal lain yang juga perlu untuk diwaspadai adalah getah dari buah Tin yang baru anda panen. Jika terkena kulit, getah tersebut dapat menyebabkan gatal, terlebih jika anda memiliki alergi terhadap getah. Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan dan baju yang berlengan panjang ketika anda memetik buah tersebut.

Penyimpanan pasca panen

            Buah Tin dalam kondisi yang segar dapat disimpan dalam lemari es setidaknya selama 3 hari. Dalam kondisi dikeringkan baik menggunakan mesin pengering (dehidrator) maupun dijemur dibawah terik matahari, buah tersebut akan dapat disimpan selama 2 s/d 3 tahun.

Sebelum disimpan disarankan untuk mencuci buah sampai bersih dan jangan letakkan buah tersebut berdekatan dengan sayuran segar, karena hal ini dapat menyebabkan sayuran menjadi busuk dengan cepat. Semoga bermanfaat..
Sponsored Links
Loading...
loading...