Loading...

Cara Membasmi Keong Mas Pada Tanaman Padi

Sponsored Links
Loading...
Musim tanaman sedang berjalan, tetapi para petani sedang di binggungkan dengan banyaknya bermunculan keong-keong berbentuk mas (keong mas) yang memakan tanaman padi yang masih muda. Keong mas merupakan hama yang saat ini sering membuat para petani resah , oleh karena itu untuk mengatasinya diperlukan ketekunan dan kegiatan rutin yang perlu dilakukan.

 Mereka binggung bagaimana tips memberantas hama keong mas dan Para petani memerlukan tips yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini. Hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa tips yang mudah tanpa biaya. Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya.


Terdapat beberapa tahap/tips untuk mengatasi hama keong mas ini selaku sederhana dan mudah, yaitu:

   1. Mengambil keong mas yang masih menempel pada tanaman yang masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin.

  2.  Menggunakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung zat berupa racun bagi hama keong mas tersebut. Contoh beberapa tanaman yang mengandung racun: Cabai merah, daun enceng gondok, daun jeruk, daun tembakau, makabuhay, dll.

  3.  Menggunakan atraktan yang menyerupai daun talas, pepaya, pisang, kertas, dan koran untuk mengumpulkan keong tersebut. Diletakkan dengan berjejeran pada petakan sawah dengan jarak 1-2 meter dari umpan.

   4. Mempertahankan air agar tidak tinggi melebihi 3 centimeter karena keong mas menyukai tanaman yang lembab atau dengan tips mengeringkan tanah.

   5. Menggunakan teknik menanam mundur agar dapat mengawasi tanaman yang telah ditanam petani.


Tips lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya atau memelihara predatornya agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah. Dengan tips tersebut dapat mengimbangi jumlah populasi keong mas yang begitu banyak , jika para petani lelah mengatasi hama ini.

 Predator yang tepat untuk memberantas hama keong mas yaitu burung, itik, kura-kura, ikan, dan insekta. Pengendalian ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk diterapkan petani serta tidak menimbulkan kerusakan pada tanaman yang ada.

Bila tips diatas masih saja tidak berhasil, gunakan pestisida yang dibeli di tempat terpercaya dan diperlukan perhatian dalam penggunaannya. Agar tidak mengenai tumbuhan yang ditempeli hama dan tidak menimbulkan kematian pada tanaman yang sedang tumbuh.

Obat yang digunakan untuk membunuh keong mas tanpa membunuh tanaman dapat menimbulkan kerusakan lingkungan seperti tea seed meal yang lebih mudah ditemukan oleh para petani dipasaran. Selain itu juga ditemukan bahan kimia yang ramah lingkungan seperti gabungan dari asam anakardat dan ekstrak dari kulit buah jambu mente.


PENCEGAHAN HAMA KEONG MAS

  1. Cara pencegahan hama keong mas yang pertama adalah dengan membuang semua air didalam petakan sawah setelah penanaman bibit selesai dilakukan. Hal ini bertujuan agar keong mas tidak masuk kedalam petakan sawah, karena keong mas tidak menyukai tempat-tempat yang kering.
  2. Membuat saringan pada tempat mengalirnya air dari irigasi atau sawah tetangga. Tujuannya supaya hama keong dari saluran irigasi atau dari sawah tetangga tidak masuk ke petakan kita.
  3. Cara selanjutnya adalah kita harus rajin mengumpulkan keong mas yang sudah masuk kedalam sawah kita kira-kira tiga kali dalam seminggu

MENGATASI HAMA KEONG MAS

1. MENGGUNAKAN PESTISIDA

Cara yang banyak dilakukan oleh para petani yaitu menggunakan pestisida, selain tidak perlu repot pestisida juga cepat membasmi hama keong mas. Sebaiknya menggunakan pestisida yang mengandung bahan aktif Niclos Amida. Namun masih ada cara lain untuk mengatasi hama keong mas tanpa harus menggunakan pestisida.

2. MENGGUNGAKAN KAPUR

Cara mengatasi hama keong mas selanjutnya yaitu menggunakan kapur yang biasa digunakan pada proses pembangunan rumah. Cara ini terbilang sangat mudah, kita hanya cukup menaruh kapur bangunan di area persawahan. Selain mudah menggumnakan kapur ini juga tidak mengakibatkan efek samping untuk tanaman padi.

3. MEMBASMI TELUR KEONG MAS

Banyaknya telur keong mas pada area persawahan membuat perkembangbiakan keongmas semakin meningkat, oleh karena itu kita harus membasmi telur tersebut untuk mengurangi ekosistem keong mas.

4. MEMBUAT PARIT DITEPI PETAKAN SAWAH

Perlu kita ketahui bahwa keong mas sangat menyukai tempat-tempat yang basah dan banyak air. Pembuatan parit bertujuan agar keong mas berkumpul didaerah yang berair, sehingga memudahkan kita mengumpuklan keong mas yang selanjutnya kita musnahkan.

5. MENGGUNAKAN BEBEK ATAU ITIK

Cara membasmi hama keong mas selanjutnya dengan menggembalakan bebek atau itik di area persawahan. Pada dasarnya makanan bebek dan itik adalah keong mas atau keong sawah, dengan menggembalakan bebek disawah tentu saja mengurangi ekosistem keong mas. Tetapi cara ini hanya berlaku pada jtanaman padi yang sudah cukup umur dan memiliki banyak daun. Karena tidak menutup kemungkinan bebek juga akan memakan tanamaan padi.

6. MEGGUNAKAN DAUN TALAS ATAU DAN PEPAYA

Cara ini terbilang tidak masuk akal. Tetapi daun talas atau daun papaya sudah terbukti dapat menarik perhatian keong mas agar berkumpul disekeliling umpan tersebut. Hal ini bertujuan memudahkan kita untuk mengambil keong mas tanpa harus berkeliling ke seluruh bagian petakan sawah. Selain menghemat biaya cara ini juga menghemat tenaga dan waktu kita.

Sponsored Links
Loading...
loading...