Loading...

Cara Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot

Sponsored Links
Loading...

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan teman-teman bagaimana agar pohon tin cepat berbuah di pot? Banyak orang menganggap buah tin adalah buah yang jatuh dari surga. Alasan tersebut sangat mendasar bila melihat keistimewaan buah yang disebutkan dalam empat kitab agama. Namun jika anda penasaran bagaimana perkembangan tanaman tin baik Indonesia maupun bisa anda baca Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri Dan Di Indonesia. Berkaca dari keistimewaan buah tin, keinginan Anda—dan juga masyarakat lainnya—untuk menanam buah tin pun mulai tumbuh dan subur di kepala. Pada kesempatan kali ini, Bibituahku.com akan menguraikan cara menanam bauh tin agar berbuah bila ditanam di pot. Anda hanya perlu meluangkan waktu lima sampai tujuh menit untuk membaca artikel ini sembari menikmati secangkir kopi maupun secangkir teh hangat.Image result for hama penyakit buah tin


Pohon Tin Berbuah Maksimal didalam Pot

1. Pemilihan Bibit Tin

Hal pertama yang wajib Anda ketahui agar pohon tin cepat berbuah sebelum menanam buah tin adalah ketersediaan bibit buah. Aada banyak sekali jenis pohon buah tin, alangkah baiknya anda patikan dulu jenis apa yang akan anda tanam karena setiap jenis memiliki kekhasan tersendiri. Beberpa jenis buah tin yang bisa anda ketahui bisa anda baca disini :
  • Tin Purple Jordan
  • Tin Green Jordan
  • Tin Blue Giant
  • Tin Panache (belang)
  • Tin Brown Turkey
Bibit buah tin bisa Anda dapatkan melalui hasil cangkok dan hasil stek. Untuk hasil cangkok, Anda perlu melakukan pada batang atas buah tin yang tampak hijau dan tanpa mengerat. Batang buah tin perlu dibungkus menggunakan plastik yang di dalamnya telah terisi media tanam; bisa menggunakan kompos, cocopit, atau un campuran tanah. Prosesnya dimulai dengan membungkus rapat batang buah tin dan kemudia diiat menggunakan tali yang Anda miliki. Di usia tiga puluh lima hingga empat puluh lima hari, akar mulai atau sudah muncul pada batang cangkok dan cangkokan buah tin telah siap untuk dipindahkan di media pot. Untuk lebih lengkapnya bisa anda baca Tutorial Lengkap Mencangkok Tanaman Tin
Cara kedua adalah stek batang. Dimulai dengan memotong batang tin yang berusia tua, memiliki ciri tampak warna cokelat tua atau hitam. Silakan memotong batang miring dan ditancapkan di dalam media semai dari campuran tanah, pasir, dan kompos. Di usia tiga puluh lima sampai empat puluh lima hari, hasil stek batang mulai atau sudah tumbuh akar dalam jumlah banyak dan stek buah tin sudah siap dipindahkan ke dalam pot. Jika anda masih kesulitan dalam memperbanyak tanaman tin dengan cara stek, saya mencoba menjelaskan lebih detail pada artikel yang berjudul Cara Mudah Stek Tanaman Tin

2. Media Tanam

Bila Anda telah memperoleh bibit buah tin dan sudah siap ditanam di pot, silakan menggunakan media tanam campuran tanah, pasir, dan kompos atau bisa juga menggunakan cocopit, kompos, dan sekam. Penanaman buah tin dilakukan hati-hati agar akar tidak rusak. Lantas media tanam yang telah Anda seiakan silakan dimasukkan ke dalam pot. Setelas selesai meletakkan media tanam, buat lubang tanam pada media tanam, masukkan bibit buah tin dan tutup kembali menggunakan media tanam, serta jangan lupa padatkan media tanam di sekeliling batang buah.

3. Perawatan

Hal yang penting selanjutnya agar pohon tin cepat berbuah adalah pemeliharaan. Penyiraman merupakan faktor utama pertumbuhan tanaman. Penyiraman dapat dilakukan dua sampai tiga hari, pun menyesuaikan dengan kelembaban tanah. Faktor kedua adalah pot buah yang mulai tumbuh jangan sampai diletakkan di tempat yang terhalang cahaya matahari karena akan memengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Hal lain yang memengaruhi pertumbuhan tanaman adalah pemupukan dan pengendalian hama penyakit. Anda dapat menggunakan pupuk NPK dan pupuk kompos untuk mendrorong laju pertumbuhan tanaman. Perihal kedatangan hama dan penyakit, silakan mengambil hama secara manual atau membuang bagian tanaman buah tin yang terserang penyakit. Kalau pun cara manual selalu gagal, alternatif lainnya adalah pestisida. Penggunaan pestisida pun perlu mempertimbangkan kondisi tanaman atau disesuaikan dengan anjuran dan takaran. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca juga cara mengatasi beberapa hama tin:
  1. Cara mengatasi hama PENGGEREK BATANG pada tanaman tin
  2. Cara mengatasi hama SIPUT tanaman tin
  3. Cara mengatasi hama KARAT DAUN pada pohon tin
  4. Cara Penanganan Hama Pohon Tin
Budidaya buah tin di dalam pot mampu menghasilkan atau panen setelah empat bulan penanaman. Hal lain yang diidamkan dari tanaman buah tin adalah panen tanpa kenal musim.
Semoga artikel terkait cara agar pohon tin cepat berbuah lebat dalap pot yang Kami uraikan pada kesempatan kali ini memberi informasi yang cukup bagi Anda. Tetap setia berkunjung ke Bibitbuahku.com agar informasi perihal cara budidaya dan ketersediaan bibit-benih akan Anda dapatkan dengan mudah.
Sekian dari kami, semoga bermanfaat, dan terima kasih.
Sponsored Links
Loading...
loading...