Loading...

Cara Mudah Pemupukan Pohon Tin Agar Cepat Berbuah

Sponsored Links
Loading...
Salah satu faktor yang membuat budidaya pohon Ara/ Tin mudah untuk dibudidayakan adalah tanaman ini jarang sekali membutuhkan pupuk. Jika kita memberikan pupuk ketika tanaman tersebut tidak membutuhkannya, hal ini akan dapat menghambat perkembangan atau bahkan membahayakan tanaman tersebut. Selain itu, ketika tanaman Tin terlalu banyak mendapat suplai nitrogen maka akan menghasilkan buah yang lebih sedikit dan cenderung lebih rentan terhadap penyakit.

Alasan yang lain, secara alami Ara merupakan jenis tanaman yang memiliki pertumbuhan yang cukup lambat, memberi pupuk berlebihan atau tidak pada waktunya justru dapat menyebabkan proses pertumbuhan yang berlebihan yang kemudian dapat memicu pecahnya batang maupun cabang tanaman.

kapan waktu yang tepat melakukan pemupukan tanaman
Tanah kering umumnya sesuai untuk budidaya tanaman Tin


Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan tanaman Tin?


            Waktu terbaik untuk memberikan pupuk untuk pohon Tin adalah ketika tanaman tersebut menunjukkan gejala pertumbuhan yang lambat dari biasanya, atau ketika anda menemukan lebih banyak daun yang “menguning” dibanding dengan jumlah daun yang hijau. Pemupukan juga diperlukan ketika tanaman tersebut juga dikelilingi oleh tanaman lain yang kemudian menyebabkan persaingan nutrisi tanah. Karena itu akan menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi anda untuk memahami pengetahuan terkait ciri-ciri dan kondisi kesuburan tanah.

Baca Juga :
Pupuk tanaman Tin yang berusia dua tahun, dapat diberikan sekitar 1 ons pupuk per bulan, pemupukan ini dapat dimulai ketika anda menemukan tanaman tersebut mulai memiliki daun baru. Untuk tanaman berusia 3 tahun keatas anda dapat memberikan sekitar ¼ kg pupuk dalam setahun.

Namun, jika anda menemukan buah Tin tidak matang ketika seharusnya waktu panen telah tiba, anda dapat memberikan sedikit lebih banyak pupuk pada tanaman, lakukan hal ini sampai anda menemukan bahwa masa panen tepat pada jadwal yang telah anda perhitungkan sebelumnya.

Selain kekurangan nutrisi/ pupuk, kekeringan adalah faktor penyebab lain yang dapat menyebabkan panen tidak sesuai jadwal. Untuk itu, pastikan tanaman mendapat asupan air, baik yang anda dapatkan dari air hujan maupun yang anda dapatkan dari sistem irigasi. 




Baca Juga :
Sponsored Links
Loading...
loading...